Samsung Galaxy S7 VS Sony Xperia X Performance VS LG G5 Mana yang Terbaik? - PojokGaul.com

PojokGaul.com

Blog Informasi gaul anak muda

Post Top Ad

Responsive Ads Here

5/07/2016

Samsung Galaxy S7 VS Sony Xperia X Performance VS LG G5 Mana yang Terbaik?

Akhir-akhir ini perkembangan di dunia ponsel sungguh semakin cepat. Banyak sekali vendor yang berlomba-lomba membuat ponsel mereka menjadi yang terbaik, mulai dari sasaran segmen kelas bawah, menengah sampai kelas atas.
Nah yang akan pojokgaul.com bahas kali ini adalah akan membandingkan manakah produk ponsel terbaik tahun 2016 ini yang saya ambil dari beberapa produsen ponsel terbaik.


Galaxy S7 Vs G5 Vs Xperia X Performance

Ketiga flagship tersebut dilengkapi dengan hardware papan atas untuk menenangkan hati setiap para penggemarnya. Meskipun dilengkapi dapur pacu yang sama, namun ketiga superphone itu sebenarnya sangat berbeda satu sama lain. Jadi, manakah yang layak menjadi pemenang di MWC 2016? Samsung, LG, atau Sony?

Desain

 

Pada sektor desain, ketiga ponsel tampil sangat memesona. Bagaimanapun mungkin yang paling menyita perhatian adalah LG G5. Kita harus ucapkan selamat tinggal bahan baku plastik dan kontrol volume di bagian belakang. LG merombak total desain G5. Ini adalah perubahan terbesar LG sejak G2. Lewatlah sudah penggunaan plastik dan kulit pada G4 digantikan bahan metal.


Hal yang paling unik pada G5 adalah desain modular, sehingga LG berhasil mempertahankan baterai removable dan dukungan slot microSD. Selain itu desain modular dari LG G5 memungkinkan pengguna melekatkan aksesoris untuk meningkatkan fungsi telepon. Seperti LG CAM Plus dan LG Hi-Fi Plus with B&O PLAY. Aksesoris lain termasuk, LG 360 VR, LG 360 CAM, serta LG Rolling Bot. LG juga akan membuka standar untuk produsen pihak ketiga membuat lebih banyak add-ons.
Sekarang kita beralih ke Samsung Galaxy S7, yang diklaim punya desain paling indah oleh banyak penggemarnya. Samsung memang masih mengadopsi bahasa desain Galaxy S6 dan Note 5 yakni memadukan bahan baku kaca dan metal. Samsung membuat Galaxy S7 lebih nyaman dalam genggaman tangan dengan penutup belakang yang punya sisi yang agak melengkung. Finishing kaca glossy-nya memang indah, tapi mudah membekas sidik jari.
Sony Xperia X Performance punya gaya sendiri. Tampilannya masih sangat khas Sony (khususnya Xperia Z5), namun bagian belakangnya tidak lagi mengandalkan kaca, melainkan metal dengan finishing brush. Xperia X Performance mengeluarkan kesan yang sangat berkelas dan juga lebih ergonomis. Akhirnya Sony punya lawan, Galaxy S7 juga anti air seperti Xperia X Performance, sedangkan LG G5 tidak.

Penilaian

  • Sony Xperia X Performance: 3 poin
  • Samsung Galaxy S7: 2 poin
  • LG G5: 1 poin 

Layar

 

LG memutuskan menurunkan ukuran layar pada G5, dari 5,5 inci menjadi 5,3 inci; sementara itu Galaxy S7 5,1 inci; dan Xperia X Performance 5 inci. Samsung dengan bangga menyematkan layar jenis Super AMOLED, sementara Sony dan LG menggunakan layar IPS. Untuk resolusi layarnya, Sony bersikeras hanya menyematkan resolusi 1.080 x 1.920 (441 ppi), sementara Samsung Galaxy S7 (577 ppi); dan LG G5 (554) dengan resolusi 1.440 x 2.560 piksel.
Bisa dibilang itu merupakan pilihan yang cerdas buat Sony, karena resolusi yang lebih rendah dapat meningkatkan daya tahan baterai dan kinerja. Lagipula mata manusia memiliki batas penglihatan piksel, dimana tidak lebih dari 300 ppi. Di atas 300 ppi mata manusia sudah tidak dapat melihat secara jelas perbedaannya.

Interface dan Fitur

Samsung paling banyak menyematkan fitur, salah satunya dual-window, dan yang paling baru Always On Display. LG G5 juga punya fitur yang serupa yang memungkinkan layar selalu aktif untuk menampilkan sejumlah informasi seperti waktu, cuaca, dan notifikasi. Namun kebanyakan fitur membuat antarmuka Galaxy S7 lebih berat, dan ternyata LG G5 rupanya yang paling ringan dan efisien dalam hal antarmuka. Sementara, Xperia X Performance cukup cepat, namun tidak banyak fitur yang disematkan Sony.

Penilaian

  • Samsung Galaxy S7: 2 poin
  • LG G5: 2 poin
  • Sony Xperia X Performance: 1 poin

Performa

 

Chipset Snapdragon 820 jelas menjadi pemain utama di sektor dapur pacu, terbukti ketiga flagship dari vendor pemain utama pembuat ponsel Android menggunakan chipset besutan Qualcomm itu. Cerita kepanasan dari Snapdragon 810 tinggal masa lalu, yang tersisa hanyalah kinerja. Didukung oleh platform Android 6.0 Marshmallow, membuat ketiga ponsel terasa lebih cepat dan responsif.

Kamera

Kamera memang tak melulu soal ukuran megapiksel, tapi juga tergantung sensor yang digunakan. Dengan sensor yang lebih besar biasanya akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih tinggi, bahkan jika resolusi piksel sedikit lebih rendah. Ya, cukup menarik melihat Samsung akhirnya mengandalkan kamera ukuran 12MP, resolusi yang lebih rendah dari pendahulunya (Galaxy S6 dengan 16MP). Namun, kamera baru 12MP Samsung ini punya piksel yang lebih besar, aperture yang lebih luas, dan teknologi autofocus yang lebih canggih, sehingga soal kualitas diyakini lebih bagus dari kamera pada Galaxy S6.
LG G5 punya cerita yang berbeda. LG menyematkan dua kamera utama pada G5, yaitu 16MP dan 8MP. Sensor 16MP memiliki lensa 78 derajat standar, dan sensor 8MP memiliki lensa 135 derajat wide angle. Sehingga mampu menawarkan sudut pandang yang sekitar 1,7 kali lebih luas daripada kamera smartphone yang ada saat ini, dan 15 derajat lebih lebar dari pandangan mata mata manusia.

Selain itu, LG juga menyematkan koleksi efek yang menarik, seperti Pop-out Picture, Effect Film, dan Auto Shot. Pop-out Picture menggabungkan gambar yang diambil oleh lensa standar dan sudut lebar untuk menciptakan efek picture-in-a-frame.
Dan smartphone seri X anyar ini juga dibekali dengan teknologi terbaik, Sony menyematkan kamera 23MP, dengan fokus tercepat 0.1s Hybrid AF, yang disebut Predictive Hybrid Autofocus. Cara kerjanya, kamera akan mencoba untuk memperkirakan arah subyek bergerak, dengan pelacakan terus menerus, sampai mencapai fokus yang sempurna tanpa blur bahkan untuk objek yang bergerak cepat, itulah teorinya. Selain itu, kamera juga mendukung 5x Clear Image Zoom dan sensitivitas ISO 12800.

Penilaian

  • LG G5: 2 poin
  • Samsung Galaxy S7: 2 poin
  • Sony Xperia X Performance: 3 poin

Kesimpulan

Ya, Samsung dan LG benar-benar bersaing ketat, sementara Sony hanya tertinggal sedikit. Bagaiamana pun LG berhasil mencuri perhatian dengan desain modularnya, Samsung semakin kuat dengan kembalinya dukungan microSD dan bodi tahan air, serta Sony mengejutkan dengan seri X barunya yang bahkan tanpa ada bocoran sebelumnya.

Hasil final

  • Samsung Galaxy S7: 8 poin
  • LG G5: 7 poin
  • Sony Xperia X Performance: 9 poin
Perlu diingat perbandingan ini dibuat berdasarkan pada kesan pertama, sehingga nilai lebih lanjut tunggu review selengkapnya dari JalanTikus. Samsung Galaxy S7 sendiri akan mendarat tanggal 1 Maret 2016 di Indonesia; LG G5 awal April; dan Sony Xperia X Performance akan dirilis sekitar bulan Juni. Bagaimana dengan pendapat kamu?

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here