MERBABU - PojokGaul.com

PojokGaul.com

Blog Informasi gaul anak muda

Post Top Ad

Responsive Ads Here

2/05/2016

MERBABU

CATPER TELAT!

IyA nggak apa-apa lah daripada gak sama sekali. Maklum orang sibuk!....sibuk galau!#eaaaa

Baiklah...abaikan!

saya naik Gunung Merbabu akhir november 2014 kemarin. Kondisi lagi kering-keringnya tuh disana, sepanjang perjalanan dari basecamp sampek ke puncak semuanya ada DEBU DEBU & DEBU. Upil aja bisa jadi item gara-gara terkontaminsai butiran debu (kayak lagu yakk).

Perjalanan ini sebenernya pendakian kolaborasi antara saya sama partner saya mendaki selama ini yang namanya aidit, Iya doi temen sekampung saya


 OKE! *lanjut ceritanya*

Berawal dari obrolan sekilas, kita ngerencanain buat nanjak bareng. Dan targetnya ada DI BOYOLALI, KEMANA? Yup! Gunung Merbabu kembarannya si Gunung Merapi. via Selo!
Plot tanggal OK! Peralatan OKE!! Berangkat OYEE!!! 

Berangkat Pas banget ahir bulan... Misi selanjutnya adalah nyoba ngajakin  temen aidit lainnya buat nemenin nanjak ke Merbabu. Maklum, buat sharing beban peralatan & logistik kan lumayan...akhirnya kita dapet 2 orang buat nemenin nanjak. 

Dari tempat saya ( dieng) ke Selo kita berangkatnya bisa dibilang agak telat, sekitar jm 20.00 WIB malem kita baru meluncur pake motor. Perjalanannya butuh waktu sekitar 4jam perjalanan nanjak terus. Ngerasa kasian banget sama motor yang kita naikin, penumpangnya 2 orang  (saya & aidit), terus bawaan keril kita juga mayan berat banget. Pas ada tanjakan, ada beberapa bagian yang ane harus jalan. Mungkin motornya udah LELAH dan gak kuat nanjak lagi.

Begitu sampek di Basecamp, kita juga masih santai-santai.packing ulang lagi, sampai duduk-duduk cakep sama yang punya basecamp. Pokoknya kita baru start jalan naik itu sekitar 01.30 WIB.... 

Dari awal pendakian ini, yang ngeselin itu debunya, sepanjang jalan debunya gila-gilaan. Untung aja pake buff buat filter udara yang masuk mulut & hidung. Kalau enggak dijamin deh ini perut isinya debu semua. Bukan masuk angin lagi, tapi MASUK DEBU namanya.

Track dari jalur selo relatif normal tanjakannya, Sejam pertama dari basecamp kondisi vegetasi masih lebar, tapi setelah itu udah mulai vegetasi terbuka dan dominan savanna dan semakin atas beberapa kebun edelweiss mulai muncul.
 
Untuk tempat camp jalur selo ini bisa di beberapa tempat, terutama di Pos-Pos peristirahatan. Tapi kebanyakan pendaki camp di Pos Sabanna 1 atau Sabanna 2. Kalau mau sunrise yang keren & pemandangan Gunung merapi yang jelas, sebaiknya camp di Sabanna 1 saja. Tapi kalau mau lebih dekat ke puncak, camp di Sabanna 2
 
.OK! Balik ke cerita perjalanan kita,
waktu itu diputuskan camp di Sabana. 1. sampek disana juga udah siang udah jam 07.00 bro.., maklum kita jalan santai karena udah  Capek laper plus ngantuk..Segera kita bongkar isi carrier. Ada yang bagian bangun tenda & ada juga yang kebagian buat masak. 
 
 
Eh...bentar temen si aidit belum saya kenalin.  HAHA. Namanya gundulDDAN sarip. mereka bedua ini tenaganya masih gila! jadi inget jaman dulu waktu masih muda, tapi..."aku yang dulu bukanlah yang sekarang ~~"
sekarang NGEMBANG & MULAI MEMBUNCIT! hahaHA

Berhubung kita bertiga ngerasa pada nggak bisa masak, akhirnya yang masak si gundul Paling kita cm bantu-bantu dikit aja & lebih banyak ngangetin badan didalem tenda. TOP!haha!

 Logistik yang kita bawa juga melimpah, bergizi & gak kayak jaman penjajahan dulu. Super lah waktu itu perut sampek over isinya. Istirahat pun berasa pules banget.

kita mulai muncak, waktu itu sekitar jam 13.30 kita mulai jalan


Puncak Dingin? pastinya lah...namanya juga di GUNUNG!
Waktu itu kita nyampek puncak trianggulasi Gunung Merbabu sekitar jam 15.00 WIB. Rasanya kena angin di puncak itu...MENGGIGIL BEKU! Untungnya kita masih bawa parafin, kompor & nesting plus beberapa cemilan. jadi sambil ngerasain menggigil, kita bikin api unggun & masak air panas di puncak. Cuma tetep aja badan berasa masih BEKU! Sampai waktu sunset mulai keliatan, 

Sampai akhirnya sekitar jam 18.30 WIB, sehabis puas foto foto kita mulai turun...Debunya tetep nggak karu-karuan banyaknya . nggak nyampek sejam kita udah nyampek di camping ground Sabanna 1 lagi. Kita nginepp lagi di sabana 1 brooo..dan besok paginya sekitar jam 08.00 kita baru turun gunung
 

Perjalanan turun juga lebih cepat, soalnya di beberapa bagian kita ada sambil lari-lari kecil. Dan tentunya lebih jarang istirahat! Bablas terus sampek basecamp sekitar pukul 11.00 wib Bablas lagi pake motor ke womosobo kondisi ngantuk! jalanan gak rata! tapi untunglah selamat sampai rumahh pukull 16.00 Begitu nyampe rumah malemya saya  langsung berangkat ke sikunir bareng tetaNgga.. Berasa robot banget lah pokoknya.HAH
  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here