My Trip My Adventure - Gunung Prau Dieng 16 Agustus 201 - PojokGaul.com

PojokGaul.com

Blog Informasi gaul anak muda

Post Top Ad

Responsive Ads Here

10/18/2015

My Trip My Adventure - Gunung Prau Dieng 16 Agustus 201

Hai Bro, salam lestari
Kali ini gue mau berbagi pengalaman ketika gue mendaki Gunung Prau Dieng, penasaran kan?
Gunung Prau adalah gunung kecil yang menjadi tujuan paling favorit para pendaki di Indonesia khususnya pulau Jawa sejak 2014. Puncak gunung Prau ini diklaim memiliki tempat terbaik se-asia tenggara untuk melihat matahari terbit. Gunung Prau terletak di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Sejak 2014 gunung Prau didatangi banyak sekali para pendaki yang ingin melihat langsung penampakkan sunrise dari gunung Prau tersebut.

Gunung Prau terletak di Dataran tinggi Dieng, sektar 25KM dari Kota Wonosobo, Jawa Tengahdan menjadi batas beberapa kabupaten seperti kabupaten Wonosobo, Temanggung, Kendal dan Tegal. Walaupun gunung ini setinggi 2565Mdpl tapi pendakiannya tidak tinggi-tinggi banget karena kita mulai mendaki dari ketinggian 1700mdpl.
Nah ini dia Peta Lokasi pendakian Gunung Perahu Dieng
Gue berangkat bersama teman-teman dari Wonoyoso, Mojosari, Mojotengah, Wonosobo.
Untuk bisa sampai ke puncak gunung Prau kita bisa melewati pos pendakian Prau di Patak Banteng.
Kita di pos Patak Banteng Istirahat sebentar memarkirkan kendaraan dan kemudian mendaftar administrasi, disini kita bayar loh bro, tiketnya 10rb buat asuransi kalau kita kenapa-napa.
Kami memulai pendakian seusai sholat maghrib, ternyata banyak sekali teman-teman lain yang bareng-bareng mendaki sampai-sampai jalur pendakian dari bawah sampai atas isi manusia semua! wah wah!!.
Jalur pendakian Gunung Prau ini tidak begitu tinggi jadi cocok buat pemula. Tapi tetep ya bro, bawa perlengkapan yang memadai, jangan sampai jatuh sakit karena tidak membawa perlengkapan.
Jalan ke Puncak Gunung Prau gak terlalu sulit kok, pertama kita melewati rumah-rumah penduduk dan lahan pertanian sampai pos1, jalannya belum terlalu menanjak bro.

Nah di pos 1 Gunung Prau ini kita dihadang sama petugas penjaga, suruh ngelihatin tiket yang tadi kita bayar di base camp gunung Prau, hayo kita gak bisa curang disini :v buat kamu yang lupa mendaftar di Base Camp disini bisa naik kok, tapi bayar tiket plus denda :P.

Oke kita lanjut, dari pos 1 ini kita mulai mendaki, jalanannya masih mudah karena masih di sekitar ladang Petani Kentang Dieng. Di sekitar sini masih ada beberapa warung yang menyediakan beberapa makanan dan minuman untuk para pendaki.

Setelah itu kita sampai di pos 2  yang terletak tepat dibatas ladang petani dan hutan gunung, selama perjalanan pos 2 sampai pos 3 ini kita ditemani dengan hutan cemara yang rimbun. Dengan jalan berbatu yang masih mudah untuk di lewati.

Nah sekarang pos 3, pos terakhir di gunung Prau, dari Pos 3 Ke Puncak jalannanya benar-benar menanjak, jadi hati hati ya bro, tapi aman kok gak terlalu ekstrim.
Kalo capek istirahat ya bro, jangan gengsi :D.

Akhirnya kita sampai di puncak Prau dengan selamat, dari pos ke puncak berhasil kami tempuh selama 1,5 jam, soalnya kami jalannya cepet bro.
Pas perjalanan sih gak ada rasa dingin, begitu sampai di puncak dan gak jalan lagi hawa dingin langsung menyerang, makannya pake jaket yang tebel biar gak kedinginan.
Di situ ada lembah yang biasa untuk mendirikan tenda doom, kami medirikan doom disitu.
Rasa lelah terbayar ketika melihat indahnya langit dari puncak gunung dan bercanda bersama teman, disini kita tidak boleh membuat api unggun ya bro, kita bisa memasak dengan kompor saja.

Kukuruyuk, akhirnya pagi tiba sekitar jam 4 pagi kami bangun, terlihat di pojokan langit mulai memerah, tanda matahari sudah mau muncul. kami bersiap siap ke atas, biar bisa melihat view yang lebih eksotis.
Terlihat banyak teman-teman pendaki berjejer di puncak, mereka terlihat asyik berfoto sambil menikmati langit kuning keemasan.
Kami juga gak mau kalah dong, walaupun hanya berbekal Kamera Sony Xperia Ray, kita narsis dulu ya bro

Senang sekali rasanya karena pas kita muncak cuacanya mendukung banget, nah ini dia foto-foto pemandangan Gunung Prau Dieng yang berhasil gue capture.















Nah yang paling gue suka disini selain bisa melihat awan dibawah kita, juga disini banyak tumbuh bunga, juga bukit telletubies yang cantik.
Setelah puas menikmati pemandangan, dan matahari mulai menyengat, kami memutuskan untuk berkemas dan turun gunung.
Jangan lupa yah bro, kita harus menjaga kebersihan alam, bawa kembali kembali sampahmu
Karna Sampahmu Raimu, Gunung bukan tempat sampah!

Kita turun gunung, dari jalur turun gunung ini terlihat pemandangan telaga Warna dan Telaga Pengilon dari gunung Prau

Alhamdulillah kamu berhasil pulang dengan selamat, dan merasa puas bisa menikmati Pemandangan Gunung Prau Dieng ini.
Sampai jumpa di Adventure kita selanjutnya ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here