Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul Grand Canyonnya Indonesia - PojokGaul.com

PojokGaul.com

Blog Informasi gaul anak muda

Post Top Ad

Responsive Ads Here

10/19/2015

Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul Grand Canyonnya Indonesia

Ketika kamu piknik ke air terjun, pasti sebagian pengenya lihat air tejun dengan debit air yang lumayan deras dong. Jadi terkadang buat kamu memilih untuk piknik ke air terjun saat musim penghujan hanya. Walaupun ada juga di musim kemarau, debit air tetap sama tau lebih kecil. Karena masih banya juga air terjun musiman, yang dimana dia ada ketika musim penghujan.Tapi ketika kamu mendengar kata Gunungkidul dan musim kemarau, pasti yang terlintas adalah kekeringan. Padahal Gunungkidul Yogyakarta tuh tenyata menyimpan kecantikan dan tak semuanya mengalami kekeringan. Apalagi jika kamu mengunjungi sebuah air terjun yang unik dari bentuknya dan aaah … kamu pasti gak nyangka ini ada di Gunungkidul Yogyakarta. Ditambah lagi air terjun ini mau kamu kunjungi saat musim hujan atau kemarau masih tetap cantik dan bikin kamu jatuh cinta.

Air Terjun Luweng Sampang yang memiliki keindahan hampir mirip dengan Antelope Canyon, Arizona USA



Air Terjun Luweng Sampang yang berada di desa Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta ini jika kamu lihat sepintas akan terlihat seperti tempat  syuting film 127 Hours yang berada di Arizona USA. Tapi jika kamu mencoba untuk datang melihat Air Terjun Luweng Sampang ini mungkin mata kamu tak langsung bisa melihat kemiripan tersebut. Karena lokasi air terjun yang berada di pinggir jalan perbatasan Gunung Kidul, Yogyakarta dengan Klaten, Jawa Tengah ini, merupakan sebuah aliran sungai. Nah untuk menikmatinya kamu bisa dari atas air terjun maupun turun dan melihat langsung kencantikan air terjun dengan bebatuan yang mempercantik air terjun ini.

Jalan menuju Air Terjun Luweng Sampang kamu bisa lewat Jalan Jogja-Wonosari ataupun lewat Klaten

Jika kamu ambil rute via Jogja, dipertigaan ini ambil arah Nglipar via www.panoramio.com
Rute yang bisa kamu ambil memang ada dua yaitu via kota Jogja atau via Klaten. Jika via Jogja, kamu ambil jalan menuju Jalan Wonosari – Patur – Nglipar -Gedangsari – Desa Sampang. Ikuti saja jalan aspal setelah kamu memasuki pertigaan arah Nglipar, nanti lokasi air terjun setinggi 5 meter ini berada di pinggir jalan. Sedangkan kalau kamu memilih via Klaten, pointny adalah Stasiun Srowot – Pasar Wedi – Gantiwarno – Desa Jogoprayan. Dimana Desa Jogoprayan dan Desa Sampang ini lah yang menghimpit Air Terjun Luweng Sampang. Dari dua rite tersebut, lebih mudah lewat Klaten karena untuk via Jogja-Patuk-Nglipar jalannya cukup membinggungkan dan berkelok. Walaupun saat kamu binggung dan tak bisa mengandalkan GPS, bertanya dengan penduduk sekitar adalah hal yang tepat

Sesampainya di Air Terjun Luweng Sampang, kamu akan terpesona oleh kecantikan bebatuan yang membentuk air terjun ini

Pesona air terjun ini tak hanya dari air terjunnya saja, tapi kamu akan jatuh cinta dengan bebatuan yang berada di sekitar air terjun. Bebatuan yang terbentuk karena aliran air yang terus menerus inilah yang membuat Air Terjun Luweng Sampang hampir mirip dengan Antelope Canyon di Arizona, saat kamu melihatnya dari atas air terjun ataupun dari tepat dibawah air terjun. Jika dari atas kamu akan melihat ar terjun ini seperti air yang mengalir ke sebuah lubang, makanya dari itulah air terjun ini bernama luweng. Selain itu guratan-guratan yang terbentuk dibebatuan ini sangat cantik dan menyatu dengan air terjun.

Ketika musim berganti, kecantikan Air Terjun Luweng Sampang ini menampilkan kecantikan yang berbeda pula

 

 

Inilah yang menjadi daya tarik Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul, yang dimana kecantikannya bisa berubah makin cantik setiap musim berganti. Ketika kamu datang saat musim hujan, kamu akan melihat Air Terjun Luweng Sampang dengan debit yang besar dan air yang berwarna coklat akan menghiasi kecantikan air terjun pada musim itu. Sedangkan musim kemarau, kamu akan bertemu dengan air yang jernih, debit yang kecil dan dibawah air terjun yang membuat sebuah kolam kecil dengan warna air tosca dan bebatuan yang berada di sekitar air terjun akan terlihat dan menambah cantik Air Terjun Luweng Sampang saat Kemarau.
Gimana? Tertarik untuk piknik ke air terjun meski musim hujan masih lama. Cobalah ke Air Terjun Luweng Sampang GunungKidul. Keindahan air terjun dan bebatuan cantiknya akan menghipnotismu dan akan membuatmu untuk sejak menikmati diatas batu dibawah rindangnya pohon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here