Indahnya Melancong ke Siberia - PojokGaul.com

PojokGaul.com

Blog Informasi gaul anak muda

Post Top Ad

Responsive Ads Here

2/28/2014

Indahnya Melancong ke Siberia

Peta Rusia yang menunjukkan Siberia (merah tua)
Siberia, sebuah wilayah di negara Rusia. Rusia itu sendiri memiliki luas wilayah 6.592.812 mil atau 17.075.400 km² yang membentang dalam 11 zona waktu dan meliputi hampir seluruh wilayah Asia Utara.
Di Siberia sendiri pun terdapat kota yang memiliki suhu terendah -71,2°C yaitu Oymyakon dan kota ini disebut-sebut sebagai kota terdingin di dunia brbrbrbr.....
Dan pastinya jika melihat luas wilayah tadi, selain terekstrim bisa disebut sebagai negara terluas di dunia juga nih Rusia hihihi.....
Kenapa sih saya kok tiba-tiba ngobrolin sesuatu tentang Siberia ini? Yang bahkan saya sendiri baru ini mendengarnya. Mau tau?
Yak, berawal dari nyekrolin hastag #ByRoad2Siberia ini lah dimana seorang Nancy Margaretha melakukan hitchhiking dari Singapore menuju Siberia by road alias melalui jalan darat. Phew kebayang dong jauhnya gimana hehe....Belum lagi penulis buku "Backpacking Modal Jempol - Jelajah Eropa Rp.500rb-an/bulan" ini membawa serta baby'nya yang baru berusia sekitar 9bulan [salut buat tekad dan keberaniannya]. 

Saya yang lumayan doyan traveling, dibuat penasaran makanya kali ini saya akan mengupas sedikit point of interest yang biasanya ditemukan ketika kita berkunjung ke Siberia.
Siberia yang 58% wilayahnya berada di kawasan Rusia ini memiliki 3 kota besar yaitu Vladivostok, Novosibirsk dan Irkutsk [agak keseleo dilidah ya ngebacanya] hehehe....
Bukan hanya ketiga kota ini saja kok yang ada di Siberia, mau tau yuk lanjutin bacanya ;;)
Trans-Siberian Railway
Merupakan jalur kereta api yang dibangun antara tahun 1890 s/d 1905 yang menghubungkan Moskow dengan Vladivostok di Pantai Pasifik Rusia sejauh 6.560 mil (10.555 km) dan merupakan jalur kereta api terpanjang di dunia. 
Trans Siberia Railway
Namun, seiring berkembangnya waktu Trans Siberia mempunyai 3 rute lainnya, diantaranya:

1. Trans Mongolia (Moskow-Beijing melewati Mongolia)
2. Trans Manchuria (Moskow-Beijing melewati Manchuria)
3. Baikal Amur Mainline (BAM)

Jalur ini pun kerap dipilih sebagai sarana transportasi oleh para backpackers dunia, karena hampir 90% rutenya melewati Rusia, yang untuk para backpackers mereka tentunya akan lebih memilih rute yang melewati wilayah dengan tingkat resiko politik yang rendah, dalam artian wilayah-wilayah yang dilewati cenderung memiliki kondisi politik yang stabil tentunya [hal yang selalu diperhitungkan bagi para backpackers].
scenery from the train
Satu lagi bocoran nih, disalah satu situsnya Russian Railways, mereka menyebutkan kedepannya akan dikembangkan beberapa jalur yang nantinya dapat menghubungkan wilayah Asia, Rusia, CIS dan Eropa Tengah dan Timur, Skandinavia dan Baltik..Wow!!!
Gak salah jika jalur kereta api ini sempat disebut sebagai jalur kereta api terkenal dan kita pun dapat menikmati pemandangan sepanjang jalur ini baik di musim dingin maupun musim panas. Sehingga menjadikan jalur Trans Siberia ini sebagai jalur kereta paling romantis yang ada di dunia, "tertarik bukan mau menikmati keromantisannya seperti apa??" 
Danau BaikaL
Disebut romantis tadi karena selain kita dapat menikmati pemandangan sepanjang jalur kereta tsb, kita  akan disuguhkan pemandangan indah dari sebuah danau air tawar terbesar di dunia, yup Danau Baikal "Mata Biru Siberia" dan lebih dikenal sebagai Galapagos of Russia. 
Di danau yang mengalir ke Angara anak sungai dari Yenisei ini diyakini sebagai rumah dari kurang lebih 1.700 spesies tanaman dan hewan, dua pertiga dari yang dapat ditemukan di tempat lain di dunia. 

Danau Baikal [bpcooper]
Oleh UNESO di tahun 1996 danau yang berisi berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia ini dinobatkan sebagai salah satu Situs warisan dunia yang dilindungi.  
Bahkan konon danau ini merupakan danau terdalam dengan kedalaman maksimum 1637 meter (5369 kaki) dan tertua di dunia yang diperkirakan berusia 25-30 juta tahun [gimana ngitungnya ya] hehehe...
Dan pada tanggal 29 Juli 2008 dengan menggunakan kapal selam Mir-1 dan Mir-2 berukuran lebih kecil ,sejumlah ilmuwan yang diketuai Artur Chilingarov sukses mengarungi dasar Danau Baikal untuk mengeksplorasi kehidupan dasar danau tua tsb. 
Danau Baikal membeku
Ohya untuk informasi jika kalian datang saat musim dingin, dimana permukaan Danau Baikal tadi akan membeku menjadi es. Kalian bisa juga loh mencoba sensasi naik kereta salju yang ditarik anjing-anjing berbulu tebal atau bahkan tak jarang dijadikan arena permainan hoki es. Dan ini dijadikan obyek wisata andalan jika musim dingin tiba.
Siberian Husky
Nah.....Bagi kalian yang udah pernah menyaksikan pilem Eight Below, pasti deh kalian melihat segerombolan anjing Siberian Husky [one of my fav] yang notabene anjing tsb juga berasal dari Siberia, dimana anjing tsb sedang menarik sebuah kereta dihamparan es. Yup sensasi inilah yang bisa kalian nikmati jika kalian berkunjung ke Danau Baikal dikala musim dingin tiba.

Mendaki dan Rafting
Pegunungan Altai di Siberia memiliki air berwarna biru begitu jernih dan deras. Aktivitas yang dapat dilakukan disini ialah rafting sungai.
Surga Jamur
Memetik jamur adalah salah satu hobi penduduk Siberia. Hutan-hutan di wilayahnya menyimpan begitu banyak jamur dengan ukuran super besar yakni bisa melebihi ukuran wajah orang dewasa. banyak wisatawan yang mencoba pengalaman memetik jamur sambil berpetualang ke hutan Siberia.
Museum Penuh Kisah Horor
Jika Anda penggemar cerita-cerita horor, Anda wajib mengunjungi Oppression Museum atau Museum Penindasan yang berlokasi di sebuah ruang bawah tanah yang dulunya merupakan penjara bagi organisasi pro KGB. Gedung mueseum ini menyimpan berbagai kisah horor mencekam. Saat dijadikan sekolah, salah satu murid disana pernah terbunuh secara misterius.
Mengunjungi Desa Paling Dingin di Dunia
Anda juga dapat mengunjungi Oymyakon, kota padat penduduk yang selalu diselimuti salju karena musim dingin yang permanen. Teperatur rata-rata di kota ini adalah -58 Fahrenheit. Kota dengan penduduk kurang lebih 500 jiwa tersebut akan memberikan pengalaman baru dan panorama salju yang sangat luar biasa.
Museum Permafrost
Di Siberia banyak daerahnya yang tertutup permafrost atau lapisan tanah yang bersuhu 0 derajat Celcius setidaknya dua tahun. Bahkan Siberia memiliki Museum Permafrost yang layak untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin mengetahui fenomena alam tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here